Senin, 07 Juni 2010

Jika Hiu adalah Manusia

bertold brecht

Tuan K ditanya oleh anak perempuan majikannya, "jika hiu adalah manusia, apakah ia akan baik kepada ikan kecil?"

"Tentu saja," jawabnya. "jika hiu adalah manusia, mereka akan membuat kotak besar di laut untuk ikan kecil, dengan bermacam-macam makanan di dalamnya, sayuran dan binatang. mereka akan memastikan kotak itu selalu berisi air segar, mereka akan membuat sanitasi. contohnya, jika ikan kecil terluka siripnya,akan segera diobati sehingga mereka tidak akan mati atau hilang sebelum waktunya.Jadi ikan-ikan kecil itu tidak akan murung, di tempat itu akan ada festifal air yang besar dari waktu ke waktu; karena ikan yang bahagia lebih enak daripada ikan yang murung."

"Tentunya mereka juga akan disekolahkan di kotak besar itu. di sekolah ini ikan kecil akan belajar bagaimana cara berenang ke rahang hiu. mereka harus mengetahui geografi supaya mereka dapat menemukan hiu besar yang terbaring malas di suatu tempat. subjek utamanya tentu pendidikan moral bagi ikan-ikan kecil. meraka akan diajarkan bahwa mereka akan menjadi yang terbaik dan hal yang paling indah di dunia adalah jika mereka berkorban dengan bahagia dan karenanya meraka harus mempercayai para hiu, terutama ketika meraka berkata bahwa mereka akan menyediakan masa depan yang indah. ikan ikan kecil akan diajarkan bahwa masa depan ini hanya bisa meraka dapat jika mereka belajar kepatuhan. ikan-ikan kecil harus waspada kepada semua dasar, materialis, egoistis, aliran marxist, dan jika salah satu dari mereka melanggar maka mereka akan segera dilaporkan ke hiu."

"jika hiu juga manusia, maka mereka juga akan salaing berperang satu sama lain untuk menguasai kotak ikan lain dan ikan-ikan kecil lainnya. mereka akan mengajarkan ikan kecil bahwa terdapat perbedaan besar antara mereka dengan ikan-ikan kecil yang dimiliki oleh hiu lain. para ikan kecil ini diberitahukan bahwa ikan-ikan kecil itu bisa disebut bisu, mereka diam dalam bahasa yang berebeda sehingga mereka tidak dapat mengerti satu sama lain. setiap ikan kecil yang dapat membunuh beberapa ikan kecil lawan, diam dalam bahasanya sendiri, akan dihadiahi medali kecil yang terbuat dari rumput laut dan diberi gelar pahlawan."

"Jika hiu adalah manusia, tentunya akan ada seni, akan ada gambar yang indah, imanab gigi hiu akan digambarkan dengan warna yang indah dan rahangnya menjadi taman yang indah, yang mana disana mereka dapat mengejar kebaikan. Teater di bawah laut akan menampilkan ikan kecil yang heroik berenang kedalam rahang hiu dengan antusias, dan musik pun sangat indah mengiringinya, orkestra akan memandunya, ikan-ikan kecil akan bermimpi mengalir ke rahang hiu, tertidur dengan khayalan yang paling menyenangkan."

"Agama juga akan ada jika hiu adalah manusia. Agama ini akan mengajarkan bahwa ikan kecil hanya akan memulai hidup sesungguhnya di dalam perut hiu"
"selain itu, jik hiu adalah manusiaikan kecil tidak akan lagi setara seperti sekarang. beberapa darnya akan di berikan kantor penting dan ditempatkan diatas ikan kecil lain. mereka yang sedikit lebih besar akan diperbolehkan untuk memakan yang lebih kecil. Hal itu akan menjadi kesdepakatan bersama bagi para hiu, dengan begitu meraka akan mendapatkan makanan yang lebih besar. Ikan kecil yang lebih besar dari ikan kecil lain akan menempati pos-pos mereka, akan memastikan kewajiban ikan kecil, menjadi guru, menjadi pekerja kantoran, insinyur dalam konstrukdi kotak ikan, dll."

"singkatnya, laut akan mulai menjadi berperadaban jika hiu adalah manusia."

diterjemahkan oleh
Roliv S
diedit oleh
Ted Sprague

Tidak ada komentar:

Posting Komentar