Rabu, 26 Januari 2011

Tentang materialisme Dialektik

Oleh: Roliv
Materialisme dialektik bukanlah istilah yang dipopulerkan oleh Marx melainkan oleh Karl Kautsky seorang Marxis Jerman yang memimpin internasionale kedua istilah materialisme dialektik sendiri pertama kali digunakan oleh Joseph Dietzgen dan Frederick Engels. Pemberian istilah materialisme dialektik ini dimaksudkan untuk mempermudah pengenalan metode berpikir Marx dalam menjelaskan teorinya dan dialektika yang digunakan oleh Marx dan Engels sebagai perangkat berpikir utama dalam keseluruhan karyanya. MD dimulai dari konsepsi materialis tentang sejarah namun jika MH merupakan pembongkaran intepretasi sejarah kaum idealis, MD merupakan pisau analisa yang melandasinya.
Dialektika sendiri bukanlah hal yang baru dalam khazanah filsafat dan logika, kita dapat menemukan banyak nama yang mempopulerkan dialektika sejak Yunani kuno hingga Jerman di abad 18 dari Zeno hingga Hegel. Namun, Marx mengatakan bahwa dialektikanya sangat berbeda dengan Hegel yang dianggap puncak filsafat Jerman. Marx mengembalikan dialektika Hegel ke kakinya dan kemudian dicurahkan secara aplikatif dalam Manifesto Komunis yang menyebutkan bahwa sejarah manusia adalah sejarah pertentangan kelas.
Dalam lapangan materialisme, Marx juga berseteru dengan sesama Hegelian Kiri yaitu Ludwig Feurbach yang juga membalikkan filsafat Hegelian yang idealis. Feurbach membalikkan filsafat Hegel yang berujung pada ‘roh’, “Ide Absolut” dengan nama lain adalah “Tuhan”. Bagi Marx, materialisme Feurbachamatlah terbatas dan memiliki kontradiksi internal yang tidak selesai selain karena pembatasan definitif materialisme dari proses penginderaan manusia, materialisme Feurbach sebagai kritik terhadap Hegel dinilai gagal karena keterjebakannya pada lingkaran relijius dan sekularisme vulgar yang mengkontradiksikan dirinya pada agama dengan melupakan kontradiksinya sendiri.
Pembahasan materialisme dialektik yang disusun oleh Marx merupakan gabungan metode filsafat materialisme dan logika dialektika yang tidak akan terlepas dari kenyataan revolusi Prancis dan arus pemikiran Hegel juga Feurbach dalam ranah filsafat dan logika. Pembahasan MD merupakan pembahasan yang sangat krusial dalam pemahaman Marxisme, MD sebagai logika gerak dan logika analitik merupakan tumpu utama dalam pemikiran Marx dan intepretasi teorinya. Dengan mempelajari logika secara umum dan MD secara khusus kita akan mencapai pemahaman yang lengkap akan keseluruhan fenomena baik dalam tataran konseptual maupun tataran praktis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar